Mewujudkan “Indonesia Sebagai Pusat Inspirasi Dunia”, Bekraf Luncurkan Buku Indonesia Trend Forecasting 2017-2018

by Seradona Altiria Alexon

0
400
Foto: Seradona Altiria Alexon. Peluncuran Buku Indonesia Trend Forecasting 2017-2018
“Dengan memahami gaya hidup masyarakat, para produsen dapat menghasilkan produk-produk yang memang diinginkan oleh para konsumennya. Maka, diperlukan suatu riset trend forecasting yang berkaitan langsung dengan perubahan pola pikir masyarakat (konsumen) global,” menurut Dina Midiani, selaku desainer dan salah satu perwakilan dari tim Indonesia Trend Forecasting 2017-2018.

Bicara soal tren memang bukan semerta-merta meneliti tentang perubahan elemen desain seperti warna, bentuk, tekstur, dan volume. Namun, lebih kepada kejelian memahami pesatnya perubahan dinamika gaya hidup dan pola pikir masyarakat dalam berbagai aspek umum kehidupan seperti sosial, politik, ekonomi, isu lingkungan, hingga perkembangan teknologi. Perubahan-perubahan tersebut merupakan suatu tantangan tersendiri bagi para pelaku industri ekonomi kreatif dalam mengasah kreativitasnya.

indonesia trend forecasting
Foto: www.bekraf.co.id

Di era digitalisasi seperti saat ini, arus penyebaran informasi begitu luas dan sulit terkendali. Setiap orang dapat mengutarakan pendapat, juga menyebarluaskan pesan lewat dunia maya dengan sangat mudah. Bahkan, tidak jarang ditemukan informasi yang dimanipulasi hingga kebenarannya penuh teka-teki. Ini mengakibatkan kita sulit membedakan mana yang benar dan salah. Batas hitam dan putih pun menjadi samar.


EDITOR’S PICK

Ragam Tren Modest Wear Indonesia di Ramadhan In Style 2017


Situasi penuh kesimpangsiuran atau ketidakpastian inilah yang melatarbelakangi prediksi tren desain Indonesia di tahun 2017-2018, yang kemudian dirancang dalam satu kesatuan buku bertemakan “Grey Zone” dan diterjemahkan dalam berbagai tawaran desain meliputi empat subsektor ekonomi kreatif, yaitu desain interior, desain produk, fesyen, dan kriya. (saa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here